“The Unsung Hero” Dari Tanah Jerman: Thomas Mueller

Kekalahan Arsenal dan Nasib Arsene Wenger
March 17, 2016
Balapan Dan Olah Raga
March 18, 2016

“The Unsung Hero” Dari Tanah Jerman: Thomas Mueller

"The Unsung Hero" Dari Tanah Jerman: Thomas Mueller

Agen Judi Bola Online – Thomas Mueller, pria kelahiran Jerman ini selalu menjadi senjata pamungkas bagi Bayern Munich. Di timnya tersebut, Mueller adalah kartu as yang siap dikeluarkan kapan saja saat kondisi tim kritis. Mueller bisa dianggap sebagai joker, yang setiap kali menciptakan situasi kekacauan di pertahanan lawan.

Salah satu kolumnis media online Kompas yang bernama Zen RS, pernah menuliskan ulasan singkat tentang Mueller. “Mueller merupakan ahli ruang / juru ruang, atau mungkin lebih tepat lagi jika disebut sebagai penafsir ruang. Kecerdasan yang dimiliki oleh Mueller sedemikian rupa untuk membaca arah permainan sangatlah diatas normal. Dia selalu berada di posisi yang tepat dalam waktu yang tepat pula. Ditelisik dari skill individu, Mueller tidak lebih baik dari Franck Ribery untuk urusan men-dribble bola. Jumlah gol yang ditorehkannya juga tidak lebih banyak dari Robert Lewandoski. Bisa dibilang keberadaan Mueller “tak terlihat” di atas lapangan karena dia pemain yang “biasa-biasa saja” jika disandingkan dengan pemain Bayern lainnya.

Sebagai atlet, Mueller memang biasa saja, wajahnya tidak se-angker Genaro Gatusso atau Fellaini yang terkenal beringas di lapangan dan selalu siap men-teror lawan. Malah Mueller memiliki kemiripan dengan mahasiswa ketimbang sebagai pemain bola dan pada saat-saat tertentu Mueller malah tampak seperti anak kecil yang berlarian tak tentu arah diatas lapangan pertandingan. Nah! Justru disitulah letak keistimewaan pemain bernomor punggung 25 ini karena lawan menganggap dia bukan pemain yang berbahaya sampai pada detik krusial dia tiba-tiba masuk ke celah pertahanan lawan dan membahayakan gawang lawannya. Seperti yang pernah diulas Zen, sebagai penafsir ruang, Mueller bisa membaca ruang mana yang bisa ia tempati untuk menerima umpan, dia juga bisa menciptakan ruang untuk dirinya sendiri dimana ruang itu siap dieksploitasi habis-habisan. Sepakbola modern menghadirkan taktik bertahan yang inovatif yang sulit ditembus dimana taktik ini pastinya sudah dipakai oleh banyak tim di dunia, tak terkecuali lawan-lawan yang dihadapi Bayern. Semua tim pasti akan menjaga kerapatan barisan pertahanan saat diserang sambil mengawasi pergerakan setiap pemain lawan yang ingin masuk atau menerima umpan yang tidak diketahui oleh pemain lawan adalah momen ketika Muller malah berlari mencari ruang sempit sambil menghilang dari pandangan bek-bek lawan. Dalam situasi ini, bek-bek lawan akan fokus pada bola yang digiring rekan Mueller dan menjaga pergerakan pemain Bayern yang dekat dengan mereka. Lalu Mueller seketika “hilang” dari pandangan mereka dan tiba-tiba muncul di ruang kosong yang diciptakannya sendiri.

Pada lanjutan leg ke 2 babak 16 besar Liga Champions antara Bayern Munich vs Juventus, lagi-lagi keahlian tersebut dipertontonkan oleh Mueller tepat 1 menit sebelum waktu normal peluit panjang dibunyikan, memaksakan skor menjadi 2-2, menyelamatkan Bayern dari kekalahan dan membuat pertandingan berlanjut ke 2 x 15 menit. Seperti kita ketahui bersama, Bayern berhasil lolos ke babak 8 besar lewat tambahan 2 gol lagi di extra time tersebut. Yang perlu diingat, Bayern tidak lolos karena, 2 gol tambahan tersebut, tapi lebih kepada bagaimana Mueller hadir di ruang kosong pada menit ke 89 saat menerima umpan matang Kingsley Coman di tiang jauh gawang Gianluigi Buffon. Tanpa Mueller mungkin Juventus sudah berpesta merayakan kelolosan mereka ke babak 8 besar. Apa mau dikata rencana pesta tersebut sirna akibat Mueller “si ahli tata ruang”.

Comments are closed.