Liverpool & Madrid Siapakah yang Menyandang Gelar Terbaik Eropa?

Bukan Hanya Kluivert, Roma Juga Ingin Ziyech
May 25, 2018
Beckham: Mohon Kalahkan Mereka di Final
May 26, 2018

Liverpool & Madrid Siapakah yang Menyandang Gelar Terbaik Eropa?

Agenbolapedia -Pada Malam ini atau tepatnya Minggu pagi dini hari kita akan menyaksikan sebuah pertarungan memperebutkan gelar UCL  sepakbola paling bergengsi diantara klub-klub di Eropa, antara Liverpool dari Inggris melawan Madrid dari Spanyol. Menilik latar belakang kedua tim memang memiliki sejarah yang hebat di benua Eropa. di satu sisi Real Madrid adalah klub yang paling banyak menjuarai Piala Champion dengan rekor 12 kemenangan di final, dan juga sebagai satu satunya team yang dapat meraih gelar piala champion dengan format baru selama 2 tahun berturut turut, jika kali ini Madrid dapat menang, maka akan menambahkan raihan rekor satu satunya team yang dapat hattrick di 3 tahun berturut-turut. Disisi lainnya Liverpool juga merupakan klub yang ke 3 terbanyak menjuarai turnamen ini dengan 5 kali juara turnamen liga champion. Juga sebuah prestasi yang mengagumkan tentunya,

Pertemuan Final UCL Antara Liverpool dan Madrid adalah final ulangan final pada tahun 1981, dimana Liverpool dengan sang Maestro Kenny Dalglish melibas Real Madrid dengan skor 1-0 gol semata wayang dicetak oleh Alan Kenedy.

Zidane pun ikut berkomentar tentang pertandingan ini, “Saya bukan pelatih dengan taktik terbaik, media yang mengatakannya. Tetapi saya selalu mempunyai motivasi dan hasrat (untuk menang)”. Dan ini adalah sebuah gambaran semperna dari sisi Madrid bagaimana 5 tahun terakhir, tidak selalu tim terbaik yang menang tapi terkadang tim yang mengerti cara menang dalam pertandingan akhirnya jadi pemenang.

Jika kita lihat dari skill individu dari kedua tim, sangat jelas sekali bahwa Real Madrid dengan segudang pemain mahalnya jauh lebih unggul secara individu. Madrid mempunyai materi yang kuat sekali dalam lini tengan dan mempunyai beberapa pemain hebat di lini belakang, jangan lupa juga bahwa Ronaldo pemain terbaik dunia ada disana, tetapi mereka kurang bermain sebagai sebuah team, dan juga secara taktik Madrid pun biasa saja.

Liverpool lebih kuat secara tim kolektif, bukan mengandalkan permainan individu, dengan Jurgen Klop sebaai juru taktik yang sudah berpengalaman menangani klub-klub besar dan pernah masuk ke final liga champion walaupun akhirnya kalah melawan bayern munchen.

hal-hal inilah yang akan menjadi sebuah bumbu penyedap dalam pertandingan besok dini hari nanti, siapakah yang akan menang? Kolektifitas atau Individualitas? mau tahu pemenangnya? kita lihat saja nanti 🙂

 

Comments are closed.