Gaya Permainan Mourinho Yang Defentif, Ternyata Dulu Tidak Seperti Itu

montella
Akhirnya Montella Resmi Menggantikan Zenga Untuk Menjadi Pelatih Samdoria
November 26, 2015
euro 2016
Pihak UEFA Memastikan Jika Piala Europa 2016 Tetap Diadakan Di Prancis
November 28, 2015

Gaya Permainan Mourinho Yang Defentif, Ternyata Dulu Tidak Seperti Itu

Gaya Permainan Mourinho Yang Defentif, Ternyata Dulu Tidak Seperti Itu

Sepanjang karier kepelatihannya, Jose Mourinho diyakini sebagai pelatih dengan racikan pemain serta taktik yang relatif lebih mengedepankan lini pertahanan. Dia juga disebut tidaklah seperti itu dulunya ketika masih di Barcelona. Saat ini Mourinho memang berada dalam sorotan banyak pihak seiring dengan penampilan timnya, Chelsea yang tampil buruk dan kurang begitu impresif di sepanjang musim ini, Tidak seperti musim sebelumnya yang tampul cukup perkasa. Namun kita semua tidak dapat menyangkalnya, Jika yang bersangkutan memiliki karier yang cukup bagus dalam dunia kepelatihan, Dan ini tentunya dapat kita lihat beberapa musim kebelakang dimana dia berhasil menangani klub-klub besar Eropa.

Keberhasilan dari Mourinho tersebut terbukti dengan menjuarai 4 liga yang berbeda negara, Serta pria asal Portugal itu berhasil dua kali menjuarai Liga Champions dan itu juga dilakukan dengan dua tim yang berbeda juga. Pelatih 52 tahun itu juga tampil dengan gaya permainan yang defensif disetiap laga yang dilakoninya, Dimana itu juga merupakan ciri khas kepelatihan Mourinho. Sang pelatih juga dinilai sangat pragmatis yang membuat timnya relatif lebih identik dengan pertahanan yang berlapis, Yang mana sampai ada yang mengatakan jika tim yang ditunggangi Mou seperti ‘Parkis Bus’. Memang ini terlihat di setiap klub yang dilatih oleh Mourinho lini pertahanannya sangat kuat dan sulit untuk ditembus.

Menurut mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez yang kini mengadu nasibnya di ajang Liga Qatar, Gaya dari kepelatihan Mourinho sebelumnya tidaklah seperti itu ketika masih merintis karier kepelatihhannya itu. Di pertengahan dekade tahun 1990-an Mourinho mengawali kariernya di Camp Nou, Yang mana sebelumnya dia berada dibawah pelatih senior Bobby Robson serta dia juga pernah berada dibawah Louis van Gaal. Xavi juga membantah anggapan banyak orang, Jika pada saat itu Mourinho hanya menjadi penerjemah saja ketika berada di Barcelona. Untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang tutur dari Xavi mengenai Mourinho, Berikut adalah penjelasan resmi dari yang bersangkutan.

“Saya rasa itu ‘Omong Kosong’, Dia merupakan asisten pelatih, Yang mana dia memahami filosifi dari Barca serta memiliki banyak kesamaan dengan karakteristik yang dimiliki oleh Van Gaal” Seperti itulah ungkap dari Xavi mengenai Mourinho, Yang mana ini diungkapkan dalam sebuah wawancara yang kami kutip dari ESPN FC.

“Dia sangat dihormati oleh semua para pemain. Terkadang dia melatih kami sendiri ketika berada di Seri B dan saya pikir dia sangat luar biasa” Jelas mantan pemain Barca itu, yang kini bergabung dengan Al Sadd itu.

“Saya sangat terkejut jika dia dikenal dengan gaya permainan sepakbola yang lain, yang lebih defensif, Karena dia tidaklah seperti itu ketika dia masih bersama dengan kami dulu” Tuntas Xavi yang menanggapi mantan pelatihnya ketika masih berada di Barcelona B.

Mourinho mengawali menjadi pelatih kepala ketika dia melatih Benfica ditahun 2000 yang lalu, Serta namanya naik ketika dia berhasil membawa Porto menemukan permainan terbaiknya pada tahun 2002-2004 silam. Setelah itu dia bari melatih Inter Milan pada tahun 2008 sampai 2010, Serta kemudian dia melatih Real Madrid pada tahun 2010 sampai dengan 2013, Semenjah dia keluar dari Madrid 2013 yang lalu dia langsung menuju Chelsea yang mana sebelumnya dia pernah tangani yaitu pada tahun 2004 sampai 2007. Meskipun sempat mendapatkan hasil yang bagus pada musim pertamanya, Namun dimusim ini sang pelatih tidak dapat menjaga konsistensinya tersebut, Yang mana timnya sekarang mengalami kemerosotan yang cukup drastis.

Comments are closed.